Rangkuman Informatika Bab 5 Jaringan komputer dan Internet 

Altair Raynar Pinontoan 8E 07


Jaringan Komputer:

Jaringan komputer adalah infrastruktur yang menghubungkan sejumlah komputer dan perangkat elektronik lainnya agar dapat berkomunikasi dan berbagi sumber daya. Tujuan utamanya adalah memungkinkan pengguna untuk berbagi data, aplikasi, dan perangkat dengan mudah. Jenis jaringan komputer meliputi LAN (Local Area Network) untuk area terbatas, MAN (Metropolitan Area Network) yang lebih besar, dan WAN (Wide Area Network) yang mencakup area yang lebih luas seperti internet.

Jaringan komputer menggunakan berbagai teknologi seperti kabel fisik, Wi-Fi, dan protokol komunikasi seperti TCP/IP. Mereka juga memiliki topologi jaringan yang berbeda, seperti topologi bintang, bus, dan cincin.

Internet:

Internet adalah jaringan global terbesar yang menghubungkan jutaan jaringan komputer di seluruh dunia. Ini adalah hasil dari koneksi berbagai jaringan komputer menggunakan teknologi dan protokol komunikasi standar, termasuk TCP/IP. Internet memungkinkan pengguna untuk mengakses berbagai layanan, seperti email, browsing web, media sosial, dan berbagi informasi.

Internet juga memiliki beberapa komponen kunci, termasuk situs web (web pages), server, ISP (Internet Service Provider), dan DNS (Domain Name System) yang mengonversi alamat web menjadi alamat IP.

Ketika jaringan komputer lokal dihubungkan ke internet melalui ISP, pengguna dapat mengakses sumber daya global dan berkomunikasi dengan orang di seluruh dunia. Internet telah mengubah cara kita bekerja, berkomunikasi, dan mengakses informasi, serta menjadi tulang punggung revolusi digital.

Secara singkat, jaringan komputer adalah infrastruktur yang menghubungkan perangkat elektronik, sedangkan internet adalah jaringan global yang memungkinkan komunikasi dan akses informasi di seluruh dunia.

Comments

Popular posts from this blog

Mengapa Saya Memilih Labschool

Altair Raynar Pinontoan