Altair Raynar Pinontoan

Praktika Lintas Bidang

Altair Raynar Pinontoan 7C (5)

 


1. Artefak Komputasional

Artefak Komputasional adalah objek yang diciptakan melalui pemikiran komputasional, seperti kode program, aplikasi, foto/gambar, audio, video, dan sebagainya. Pengembangan artefak ini melibatkan proses kreatif dengan menggunakan teknik komputasi dan perkakas untuk memecahkan masalah tertentu. Contohnya termasuk pengembangan mesin hitung di kasir, pembuatan animasi yang indah, dan lainnya. Tools pengembangan seperti IDE, aplikasi video editing, dan bahasa pemrograman digunakan dalam proses pengembangan. Kolaborasi melalui alat seperti Google Drive atau GitHub juga memainkan peran penting. Artefak komputasional dapat berwujud fisik seperti robot, drone, atau berupa perangkat lunak seperti aplikasi sosial media atau platform e-commerce. Pada aktivitas ini, perkakas pengembangan yang digunakan adalah Makey Makey.

 

2. Starter Makey Makey

Makey Makey adalah papan sirkuit elektronis yang ditemukan oleh Eric Rosenbum dan Jay Silver. Eric dan Jay menciptakan Makey Makey karena mereka percaya bahwa setiap orang pada hakekatnya kreatif, inovatif, dan imajinatif serta dapat menciptakan masa depan dan mengubah dunia. Nama makey sendiri diambil dari kata “make” (membuat) dan “key” (kunci/tombol)” Make anythink into keyboard”. Makey Makey sendiri adalah papan sirkuit yang dapat dihubungkan ke komputer dan dapat berfungsi seperti keyboard. Kita dapat membuat alat masukan ke komputer dari benda-benda di sekitar kita yang bersifat konduktor. Konduktor merupakan sifat benda yang dapat mengantarkan arus listrik baik itu secara kuat atau lemah. 

 

3. Bagian-Bagian dari Makey Makey

Makey Makey sebagai papan sirkuit yang dapat menggantikan keyboard memiliki enam lubang masukan bukan ground dan enam lubang ground di bagian depan papan. Lubang bukan ground di bagian depan tersebut digunakan untuk menggantikan tombol panah atas, panah kiri, panah bawah, panah kanan, spasi, dan klik. Lubang tersebut dapat dihubungkan dengan klip buaya. Papan Makey Makey memiliki 12 masukan lainnya di bagian belakang, 6 untuk tombol keyboard, dan 6 untuk gerakan mouse, yang dapat diakses dengan jumper/kabel bantuan.

 



4. Pengembangan Synthesizer dengan Media Air dan Makey Makey

Pada aktivitas ini, Anda akan menggunakan Makey Makey dan peralatan sederhana di sekitar Anda untuk mengembangkan artefak komputasional yang dapat membangkitkan suara atau nada musik. Artefak tersebut akan diuji sesuai dengan spesifikasinya yang telah ditetapkan sebelumnya. Suara atau audio adalah getaran yang ditransmisikan sebagai gelombang akustik melalui udara, air, atau zat padat. Komputer dapat menghasilkan suara menggunakan metode seperti synthesizer yang membangkitkan audio dengan berbagai teknik sintesis. Pada aktivitas ini, Anda akan menghubungkan tombol keyboard dengan media sehari-hari seperti kertas berarsir grafit atau gelas berisi air berwarna untuk memicu dan menghasilkan nada musik.

Comments

Popular posts from this blog

Mengapa Saya Memilih Labschool